Selasa, 25 November 2014

Workshop Forensik Lingkungan

21 November 2014

Worskhop Forensik Lingkungan yang diselenggarakan oleh kelompok Teknik Analisis Radiometri (TAR) bidang Senyawa Bertanda dan Radiometri (SBR), dilaksanakan di ruang aula emas gedung B, dengan pemateri dari PT Unitama Analitika Perkasa dan yaitu, Bapak Steven Pang. Beliau detemani oleh Bapak Memen Kusumah, sebagai Sales Engineer.

Gambar 1. Steven Pang (kiri) memberikan materi awal workshop

Forensik lingkungan sangat diperlukan oleh dunia peneltian dalam beberapa dekade terakhir, karena saat ini sudah terjadi banyak hal dari sisi (terutama) pencemaran lingkungan. Peralatan yang perkenalkan oleh PT  PT Unitama Analitika Perkasa adalah Agilent, yaitu sebuah sistem peralatan yang mampu menguji sebuah sampel untuk mengetahui apa kandungan unsurnya, berapa kadarnya dan bisa memungkinkan untuk diketahui dari mana penyebabnya.


Agilent lahir pada tahun 1999 dan terus berkembang hingga tahun ini (2014) dengan terkenal sebagai Perusahaan pengukuran (unsur kimawi) di dunia yang paling besar.

Salah satu manfaatnya yang sudah pernah dilakukan adalah :

  • Pengukuran cemaran air di teluk buyat (2004)
  • Cemaran Archachon bay, Perancis
  • Cemaran Hinkley, USA
  • dan lain-lain
Peralatannya dari waktu ke waktu cukup pesat berkembang, dengan variasi sesuai kebutuhan lapangan, yaitu ada yang mengukur sampel cair, padat, gas dan ada peralatan yang portabel.

Gambar 2. Ibu Dr. Muhayatun, MT memberikan pandangan di ujung acar workshop

Terakhir, menurut panitia, Ibu DR. Muhayatun, MT, selaku peneliti madya di BATAN, Bandung, workshop ini juga sebuah langkah awal untuk mengenalkan provinsi Jawa Barat yang akan membuat Laboratorium Forensiknya. Dan workshop ini juga dihadiri oleh peserta dari peneliti PDAM dan laboratorium (....) Jawa Barat yang terletak di Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar