Senin, 10 November 2014

Pemindahan AC Window Ruang Staff Peneliti Bidang Tekno Fisika gedung E Lantai 2

Selasa, 11 November 2014

Pemindahan AC Window yang runtuh dari rangka dudukannya, yaitu kayu jendela sisi utara ruangan yang sudah rapuh. Ruangan tersebut ditempati Bpk. Henky P dan Ibu V I S Wardhani, sebagai staff peneliti Bidang Tekno Fisika. AC yang runtuh tersebut perlu dipindahkan karena mengganggu estetika keindahan gedung.

Gambar 1. Dudukan rangka AC Window

Nampak dudukan rangka pada jendela ruangan yang sudah rapuh, sedangkan beban AC Window yang berat mengakibatkan kayu tidak mampu menopang beban tersebut.

Gambar 2. rangka dan AC window yang runtuh di luar ruangan

Rangka yang juga sudah karatan menambah resiko runtuhnya AC windows dari dudukannya. Nampak proses awal pemindahan AC dan angka untuk diturunkan dari lokasi, yaitu gedung E lantai 2.


Proses Pemindahan AC

Gambar 3. Posisi jatuhnya AC terbalik

Setelah diketahui sebelum pemindahan. ternyata AC window telah jatuh dalam posisi terbalik. Hal ini menyebabkan kompresor akan berpotensi rusak, karena keluarnya oli kompresor yang dapat mengalir ke seluruh pipa AC.

Gambar 4. Mempersiapkan proses pemindahan AC

AC yang berada di lantai 2 bagian luar ruangan perlu direncanakan bagaimana cara memindahkannya, ditambah beratnya AC window akan mempersulit proses penurunan AC ke bawah. Maka beberapa peralatan yang disiapkan adalah :
  1. Menentukan peralatan yang akan digunakan, yaitu tangga minimal 3 meter
  2. Tambang besar dengan panjang minimal 15 meter
Selain itu, perlu juga bagaimana teknis pemindahannya, yaitu :
  1. Mengikat bodi Ac dengan tambang, lalu di tahan dari bawah dari 2 sisi dengan memanfaatkan tiang kanan dan kiri sebagai tumpuan katrol.
  2. Teknisi juga ada yang mengikat dan membantu penurunan awal dari posisi atas di tempat AC tersebut runtuh.
Gambar 5. pengikatan bodi AC dan proses awal penurunannya

Simpul tali yang dibuat dalam pengikatan harus sedemikian rupa agar AC tidak mudah terlepas dari ikatannya, yaitu nampak seperti pada gambar 5.

Gambar 6. Proses penurunan AC

Saat proses sedang berjalan, nampak tali ditahan dari bawah yang dibantu oleh para siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari SMK Kartika, Bandung. Tali ditahan dengan memanfaatkan tiang gedung sebagai katrol.

Gambar 7. AC window yang sudah berhasil diturunkan

AC window yang sudah berhasil diturunkan segera dibawa ke posisi tanah yang lebih tinggi, memanfaatkan tali yang masih menggantung AC. Hal ini memudahkan pemindahan AC ke posisi tanah yang lebih tinggi.

Gambar 8. Melepaskan ikatan pada AC window yang telah diturunkan

Proses melepaskan ikatan pada AC window, yang kemudian merapihkan peralatan yang telah digunakan, serta melanjutkan proses akhir pemindahan untuk menempatkan AC di gedung instrumentasi Sub. Bidang Keteknikan di gedung L. Hal ini tidaklah mudah karena lokasi gedung L yang berada di atas kawasan BATAN-Bandung.

Petugas :
  1. Muhaimin H M
  2. Setyo Purnomo
  3. Siswa PKL SMK Kartika, Bandung (Budi, Anto, Taufan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar