Senin, 24 November 2014

Pelepasan Kabel dari Genset di SDP G

24 November 2014

Pelepasan kabel genset di SDP G ini memerlukan waktu tersendiri karena lokasinya terpisah. Hal tersebut juga disebabkan karena kabel yang begitu banyak berada di panel SDP G sehingga butuh penelusuran lebih lama.

Gambar 1. Koneksi pada change over switch SDP G

Pada panel SDP G terdapat change over switch yang dapat memilih splai dari PLN atau genset. Pada saklar tersebut terlebih dahulu di lakukan penelusuran, yaitu manakah kabel PLN, beban, dan genset. Setelah ditelusuri,

  • kabel PLN adalah berada di terminal atas
  • kabel beban di terminal bawah
  • kabel genset di terminal tengah
Gambar 2. proses pelepasan kabel genset

Proses pelepasan kabel genset juga tidak mudah, karena pada terminal saklar yang mengarah ke genset terdiri dari 3 kabel. Setelah ditelusuri 2 kabel dengan ukuran lebih kecil adalah dparalel dengan panel tepat di sebelah kanan panel SDP G, sehingga pelepasan k 3 kabel tersebut dapat dilakuakan dan diidentifikasi dengan mudah.

Gambar 3. Hasil kabel genset yang telah dilepas dari terminal SDP G

Kabel genset yang telah dilepas dari terminal SDP G nampak lebih besar dari 2 kabel lainnya. Selanjutnya kabel dari genset tersebut harus diidentifikasi lagi di gedung genset, karena pada kabel output dari panel genset yang telah dilepaskan terdapat 2 kabel, sehingga perlu diidentifikasi kembali.

Petugas :
  1. Sugito
  2. Setyo Purnomo




Tidak ada komentar:

Posting Komentar