Senin, 08 Desember 2014

Pendataan AC di Gedung A, C dan L

23 Juni 2014

Pendingin ruangan di kawasan BATAN, Bandung sangat penting keberadaannya, karena hampir semua peralatan yang berhubungan dengan nuklir memerlukan keadaan suhu ruangan yang dingin untuk menunjang kinerja peralatan tersebut. Misalnya Spektroskopi sinar Gamma, alat ini memiliki detektor yang sensitif terhadap suhu, karena jika suhunya tidak sesuai akan mempengaruhi tingkat presisi pengukuran alat tersebut.

Pendataan AC penting untuk sebagai pegangan teksni dalam hal perawatan dan perbaikan. Hal ini perlu dilakukan karena data-data pendingin ruangan akan diperlukan jika :

  • ada kerusakan maka spare part bisa disesuaikan dengan spesifikasi komponen pada AC tersebut,
  • ada perawatan maka history bisa direkam bahwa AC dengan merk dan spesifikasi tersebut telah rutin dilakukan perawatan atau belum
Gambar 1. Pendataan AC di gedung A

Pendataan yang dilakukan adalah sesuai dengan :
  1. Titik AC
  2. Daya AC (watt / PK)
  3. Tegangan kerja
  4. Arus kerja
  5. Jenis gas yang digunakan
  6. Kondisi tingkat kekotoran (minimal outdoor)
  7. Kondisi pemipaan (ada kebocoran, lakban pemipaan rusak / tidak)
Gambar 2. Pendataan AC di gedung L

Pada lokasi manapun sebisa mungkin AC di data. Pada gambar 2 di atas, lokasi belakang gedung L adalah dekat dengan pembakaran serbuk dasar mencit percobaan dari bidang Senyawa Bertanda dan Radiometri (SBR).

Untuk beberapa waktu lainnya, pendataan bisa kembali dilaksanakan mengingat total AC yang berada di kawasan nuklir BATAN, Bandung cukup banyak.

Petugas:
  1. Muhaimin
  2. Setyo Purnomo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar