Kamis, 11 Desember 2014

Pemeriksaan Jalur Listrik Server Internet yang Padam

8 Desember 2014

Server internet yang berada di gedung A mengalami padamnya listrik pada jalur PLN, sehingga server bekerja menggunakan UPS yang sudah terinstal pada sistem kelistrikannya.

Gambar 1. proses pemeriksaan jalur suplai listrik server internet

Pada gambar 1 hanya terlihat dari luar saja, karena dalam ruangan box kayu pelindung server dari kotoran debu, tidak memiliki lampu penerangan. Box tersebut digunakan karena ruangan server internet juga terkena proses retrofiting gedung reaktor yang mengakibatkan debu dan kotoran sangat banyak terjadi dan server internet berpotensi rusak jika tidak dilindungi dari debu yang lebih banyak.

Dalam pemeriksaannya, suplai listrik dari stop kontak yang sudah lama digunakan ternyata tidak ada suplai listriknya, yang berasal dari stop kontak outbow. Sehingga karena sempitnya ruang geral dan minimnya penerangan, maka suplai listrik dipindah ke stop kontak inbow.

Prosesnya adalah :


I. Perencanan

  1. Analisa kerusakan, kenapa server internet tidak menyala, sehingga UPSnya bekerja, yaitu kemungkinan akibat beban berat dan tingginya kesalahan external yang terjadi akibat proses bongkar pasang kegiatan retrofiting gedung reaktor.
  2. Periksa apakah ada MCB yang trip pada ruang panel gedung A di SDP A. Hasilnya ada salah satu MCB yang trip tapi ternyata bukan jalur grup stop kontak server internet. Sehingga diputuskan untuk memindahkan jalur listrik yang lainnya yang terdekat, yaitu inbow yang masih ada di dalam box server internet.
  3. Setelah dipindah jalurnya, lakukan uji fungsi apakah server sudah bekerja kembali dengan normal, kemudian diperiksa status wifi yang ada sebagai pemeriksaaan termudah dengan smartphone yang dibawa oleh administrator internet.
II. Pelaksanan pemindahan jalur listrik
  1. Periksa stop kontak utama server internet, yang ternyata berada diujung sebelah kiri stop kontak outbow.
  2. Cabut stecker dari stop kontak
  3. Perpanjang dulu kabel stecker yang memungkinkan masih bisa diperpanjang, karena posisi titik stop kontak inbow adalah sekitar 1,5 meter di sebelah kanan stop kontak awal.
  4. Masukkan stecker pada stop kontak inbow.
  5. Pastikan bahwa server telah kembali bekerja yang ditandai oleh banyaknya lampu indikator server yang maneyala
  6. Petugas administrator jaringan internet melakukan uji konektivitas jaringan dengan menggunakan jaringan wifi melalui smartphone yang ia miliki.
  7. jaringan internet telah kembali bekerja dan dapat digunakan sebagai fasilitas kantor untuk menunjang kerja pegawai dalam mencari data dan proses administrasi pegawai TU yang sudah berbasih paperless.
Petugas :
  1. Muhaimin
  2. Setyo Purnomo
  3. Yustika
  4. Dwi Handoko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar